Minggu, 17/10/2021 06:32 WIB

Menteri PUPR RI Tinjau Tanggul Jebol Akibat Banjir di Tebing Tinggi

Menteri PUPR RI mengatakan, kunjungannya ke Kota Tebingtinggi merupakan perintah langsung dari Presiden RI Jokowi.

Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan mendampingi Menteri PUPR RI saat meninjau lokasi tanggul jebol akibat banjir. (Foto: Ist)

Jurnassumut.com, Tebing Tinggi - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Mochammad Basuki Hadimuljono, meninjau langsung kondisi tanggul jebol akibat banjir yang melanda Kota Tebing Tinggi beberapa waktu lalu, di kawasan Jalan Ikhlas Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi, Senin (7/12/2020).

Kunjungan Menteri PUPR RI ke Kota Tebing Tinggi, didampingi Deputi Kementerian PUPR dan Kepala BWSS II Maman Noprayamin diterima Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Sekdako M Dimiyathi, Kadis PUPR Tebing Tinggi Hj Rusmiyati Harahap dan Kadis Kominfo Dedi P Siagian.

Menteri PUPR RI mengatakan, kunjungannya ke Kota Tebingtinggi merupakan perintah langsung dari Presiden RI Jokowi setelah peristiwa banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara.

"Setelah meninjau langsung kondisi banjir di Kota Medan yang menelan korban jiwa di kompleks Flamboyan akibat tanggul yang jebol dan merendam sekitar 10.000 rumah sesuai pemberitaan yang ada, saya juga diperintahkan bapak Presiden untuk meninjau lokasi dan kondisi tanggul jebol yang juga terjadi di Kota Tebing Tinggi," katanya.

Menurut Basuki, setelah melihat langsung kondisi dilapangan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan, "Mudah-mudahan dua atau tiga minggu kedepan sudah selesai diperbaiki, karena BMKG memprediksi curah hujan masih tinggi hingga bulan Januari 2021 mendatang, jadi kita harus kejar (perbaikan) itu dan segera ditangani," katanya.

Terkait banjir di Kota Tebing Tinggi, Menteri Basuki mengakui bahwa meluapnya Sungai Padang akibat kiriman air dari hulu sungai yang ada di kawasan Simalungun dan Siantar.

"Saya kira banjir yang terjadi disini berasal dari mana-mana, Siantar dan Simalungun, jadi saya akan tangani segera. Itu drainase-drainase kota juga pembuangannya ke sungai kita akan menceknya, memperbaiki pintu-pintu klepnya," jelasnya.

Kunjungan Menteri PUPR ke Kota Tebing Tinggi mendapat apresiasi dari Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, karena musibah banjir merupakan kondisi yang kerap terjadi di kota itu.

"Terimakasih kami sampaikan kepada bapak Menteri PUPR atas kunjungannya ke Kota Tebing Tinggi, untuk meninjau langsung kondisi tanggul jebol di Sungai Padang ini. Semoga dengan kunjungan ini, banjir yang selama ini terjadi bisa teratasi dengan baik," katanya.

TAGS : Tebingtinggi Menteri PUPR Banjir




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :