Minggu, 17/10/2021 08:04 WIB

Diduga Tak Berizin serta Limbah Bermasalah, Polisi Grebek Layanan Rapid Tes di Kota Medan

Terkait limbah swab, Rafles menuturkan pihaknya mengamankan karena diduga tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku

Foto : Petugas saat mengamankan barang bukti berupa limbah rapid tes antigen

Jurnassumut.com - Polrestabes Medan menggerebek lokasi rapid tes Antigen yang berada di Jalan Bukit Barisan, tepatnya di depan Kantor Pos Kota Medan, Kamis (27/5/2021).

Terlihat petugas mengamankan barang bukti berupa beberapa unit komputer berisikan data masyarakat yang melakukan pemeriksaan Antigen, beberapa kotak yang diduga berisikan alat rapid tes, serta limbah sisa pakai alat rapid tes.

Wakasat Reskrim Polrestabes Medan, AKP Rafles Langgak Putra mengatakan pihaknya melakukan penggerebekan lantaran lokasi tersebut tak memiliki surat izin.

"Jadi menindak lanjuti tindakan kami kemarin. Jadi ada juga di tempat yang berdekatan tempat melakukan tes covid tidak jelas yang diduga tanpa izin," ujarnya kepada wartawan.

Dikatakannya, layanan rapid tes Antigen hanya mengantongi izin dari Dinas Pariwisata.

"Jadi setelah kami cek mereka hanya mengantongi izin dari dinas pariwisata dan yang lain-lain tidak ada dan akan didalami lebih lanjut," sebutnya.

Selain itu, petugas juga tampak mengamankan beberapa unit komputer karena tidak dapat dipindahkan ke dalam flashdisk sehingga diamankan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Ada perangkat komputer karena di sana ada software yang tak bisa di copy dengan flashdisk. Kemudian dokumen dan peralatan untuk pengambilan swab," katanya.

Terkait limbah swab, Rafles menuturkan pihaknya mengamankan karena diduga tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Yang diamankan yang paling utama limbah medis yang tidak diproses dengan baik," ucapnya.

Pihak petugas telah meminta keterangan dari 4 petugas yang saat berjaga untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Sedangkan barang bukti lainnya diamankan ke Polrestabes Medan untuk sementara waktu.

"Kami akan minta keterangan dari perawat yang ada di lokasi. Sementara dokter tidak ada," tegasnya.

TAGS : Antigen Rapid Test Tes Covid




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :