Sabtu, 24/07/2021 18:37 WIB

Besok, MK Putuskan Sengketa Pilkada Madina, Personel Siaga

Putusan sengekata Pilkada Madina tahun 2020 akan dibacakan besok pada Kamis 03 Juni 2021. Secara virtual yang berpusat di gedung MK

Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi (Tengah) melakukan wawancara bersama wartawan usai apel pasukan pengamanan sehari sebelum putusan MK dibacakan tentang sengketa Pilkada Madina 2020, Rabu (2/6/2021) (Poto : Hasmar Lubis/Jurnassumut.com)

Jurnassmut.com - Aparat gabungan TNI-Polri mulai ditempatkan di sejumlah titik di kawasan daerah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) untuk mengantisipasi putusan sengkata Pilkada Madina di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (2/6/2021).

Kapolres Madina AKBO Horas Tua Silalahi mengatakan sehari sebelum dibacakan putusan MK terkait Pilkada Madina 2020.

"Maka TNI Polri siang ini melakukan segala persiapan-persiapan untuk mengamankan segala perkembangan situasi yang akan muncul dan mudah-mudahan situasinya tetap kondusif," ujarnya.

Pada pengamanan ini, sebut Horas Tua ada sebanyak 210 personil gabungan terdiri dari TNI Polri yang diterjunkan ke titik-titik yang ditentukan dan serta melakukan patroli ke sejumlah wilayah.

"Seperti pengamanan di lokasi kantor KPU Madina dan Bawaslu Madina," katanya.

Ia juga menegaskan bahwa apapun nantinya hasil putusan MK dalam sengketa Pilkada Madina 2020, agar semua pihak untuk menghormatinya.

"Karena itu adalah tentunya putusan hukum yang harus dihormati oleh semua pihak. Kemudian masyarakat dan juga semua pihak harus menanggapinya dengan positif apapun nanti putusannya. Intinya kita sama-sama harus menjaga Kamtibmas yang kondusif di Mandailing Natal ini," ucapnya.

Kapolres Madina itu juga mengajak masyarakat agar tetap beraktivitas seperti biasanya normal dan tidak ada hal-hal yang putus di tengah pandemi Covid-19.

"Namun kami kembali menghimbau agar juga tetap mematuhi protokol-protokol kesehatan,"

Putusan sengekata Pilkada Madina tahun 2020 akan dibacakan besok pada Kamis 03 Juni 2021. Secara virtual yang berpusat di gedung MK.

Sebelumnya pada rekapitulasi penghitungan suara KPU Madina setelah melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 TPS.

Pasangan Sukhairi-Atika yang populer sebutan SUKA itu, memperoleh suara terbanyak 79.156.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 2, Dahlan-Aswin memperoleh 79.002 suara, dan pasangan calon nomor urut 3, Sofwat-Zubeir memperoleh 44.949 suara.

Lalu pasangan Dahlan-Aswin kembali menggugat ke MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum.

TAGS : MK Sengketa Pilkada Mandailing Natal




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :