Sabtu, 24/07/2021 18:37 WIB

DPRD Gelar Paripurna Penetapan Bupati Madina Terpilih, Jabatan Dahlan Berakhir 30 Juni

Dalam Pilkada Serentak 2020, pasangan Muhammad Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utami keluar sebagai pemenang.

Ket Poto: Poto bersama pimpinan DPRD Mandaililing Natal bersma Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal terpilih Muhammad Jakhfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Autami usai gelar rapat Paripurna pengumaman hasil penetepan Bupati terpilih, Rabu (9/6/2021) (Poto: Hasmar Lubis/Jurnassumut.com)

Jurnassimut.com - DPRD Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar rapat Paripurna pengumuman penetapan bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada Serentak 2020 pada Rabu (9/6/2021).

DPRD Madina juga mengumumkan masa jabatan Bupati Dahlan Hasan Nasution dan Wakil Bupati Muhammad Jakhfar Sukhairi Nasution berakhir pada 30 Juni 2021.

Dalam Pilkada Serentak 2020, pasangan Muhammad Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utami keluar sebagai pemenang.

Rapat paripurna penetapan itu, Bupati Dahlan Hasan tampak tak hadir dalam sidang tersebut.

Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis mengatakan, setelah KPU memberikan surat rekomendasi paslon terpilih baru hari ini DPRD memparipurnakannya yang sebelumnya sempat dibatalkan atas perintah Mahkamah Konstitusi (MK).

Kemudian rapat paruna penetapan Bupati dan Wakil Bupati teepilih digelar kemabali untuk membuat surat baru terkait tindak lanjut pengumuman penetapan, pelantikan, dan pengukuhan paslon bupati terpilih. Selain itu, pengusulan pemberhentian bupati lama.

Mekanisme untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) dan pengukuhan, DPRD mengusulkannya melalui rapat paripurna. Kemudian sejumlah dokumen harus dikirim ke Mendagri melalui Gubernur.

"Kalau pelantikan kita menunggu jadwal dari gubernur dulu, tapi kita buat pengusulan Insyaallah kalau tidak ada lagi permasalahan, nanti kita mintakan kelada bupati terpiloh supaya memasukkan persyaratan yang harus dipastikan. Dan dalam minggu ini kita sudah bisa kirim ke kantor Gubernur supaya bisa kita tidak lanjuti penjadawal penetapan (pelantikan) nya itu kapan," kata Erwin.

Sementara itu sebagai salah satu Partai pengusung pasangan calon Dahlan Hasan Nasution- Aswin Pariduri. Wakil ketua DPRD Madina Erwin Efendi Nasution mengucapkan selamat kepada Bupati terpilih.

Mereka akan tetap mengawal di visi-misi kepada calon Bupati terpilih Muhammad Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utami.

"Dan kita menghargai apa yang sudah di paripurnakan hari ini," tambah Erwin Nasution.

TAGS : DPRD Madina Pelantikan Bupati




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :