Minggu, 17/10/2021 07:28 WIB

Bupati Deli Serdang Laporkan Perkembangan MCP Kepada Korsupgah KPK

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sangat bersungguh - sungguh dan serius untuk memberhasilkan capaian MCP

Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan. (Foto: Ist)

Jurnassumut.com - Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan mengikuti rapat monitoring dan evaluasi (monev), capaian Monitoring Control for Prevention (MCP) bersama dengan tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) wilayah I KPK RI, melalui Video Conference (Vidcon), bertempat di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, baru-baru ini.

Hadir bersama Bupati, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Deli Serdang Fahri Rahmadani SH. MH., Asisten II Setdakab Putra Jaya Manalu SE.,  MM., beberapa Kepala OPD dan mewakili BPN Deli Serdang.

Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan, sangat berterimakasih kepada Tim Korsupgah wilayah I KPK RI yang secara terus menerus membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi kinerja Kabupaten Deli Serdang.

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sangat bersungguh - sungguh dan serius untuk memberhasilkan capaian MCP, kami sangat paham bahwa capaian MCP tidak hanya untuk kepentingan Pemerintah Pusat tetapi yang lebih penting untuk kepentingan Pemkab Deli Serdang dalam menjalankan kinerjanya.

Bupati melaporkan kepada Tim Korsupgah, per tanggal 20 September 2021 bahwa dari 8 bidang yang menjadi objek MCP belum semua menghasilkan capaian yang baik. Masih banyak kekurangan – kekurangan dokumen yang harus dipersiapkan, sebelumnya kami  telah melakukan pertemuan-pertemuan dalam rangka capaian MCP tersebut.

“Pemkab Deli Serdang selalu mendengar arahan untuk melaksanakan apa yang menjadi kewajiban, sehingga dari hari-kehari capaian MCP Deli Serdang semakin baik. Menurut laporan perkembangan terbaru per hari ini, Kondisi MCP Kabupaten Deli Serdang sudah semakin membaik daripada sebelumnya 20 September 2021. ”Terang Ashari.

Menurut data capaian per tanggal 20 September 2021, progres untuk perencanaan dan penganggaran dengan nilai 67,1 %, pengadaan barang dan jasa dengan nilai 51,24 %, perizinan 77,58 %, pengawasan APIP dengan nilai 58,81 %, manajemen ASN dengan nilai 60,56 %, manajemen aset daerah 58,75 %, tata kelola keuangan Desa dengan nilai 30,85 %.” jelas Ashari.

Fokus pemkab Deli Serdang selain tetap memperhatikan keseluruhan dari ke 8 objek ini, prioritas ada pada tata kelola keuangan desa dan optimalisasi pajak daerah.

"Kami merasa kedua objek ini memerlukan perhatian khusus, karena angka progres yang rendah dan berharap tata kelola keuangan desa benar-benar dilaksanakan dengan aturan-aturan yang ada sama halnya dengan optimalisasi pajak daerah.” Jelasnya.

Kepala Satgas Korsupgah Korupsi Wilayah I KPK RI Maruli Tua dalam arahannya antara lain mengatakan Kabupaten Deli Serdang sangat istimewa bagi KPK untuk Sumatera Utara. Bagi Tim Korsupgah Korupsi Wilayah I Sumatera KPK RI menjadi tolak ukur bagi Sumatera Utara dalam hal tindak pencegahan korupsi.

Ada beberapa hal penting yang akan dibahas pada hari ini yaitu tentang sistem pencegahan korupsi, aset pendapatan dan vaksinasi." ucapnya

Target yang ditetapkan tim korsupgah pada capaian MCP yaitu skor 80, ini tentu menjadi keseriusan bagi Pemkab Deli Serdang untuk pemenuhan target tersebut. "Kami optimis, Mudaha-mudahan Deli Serdang dapat memenuhi skor tersebut", kata Maruli Tua

Upaya tindak pencegahan korupsi menjadi tantangan besar bagi KPK dan seluruh daerah. Banyak godaan yang dapat mengurangi keperdulian dan komitmen dalam pencegahan korupsi." ujar Maruli Tua

Setelah penyampaian arahan, Tim Satgas melakukan sesi tanya jawab kepada kepala daerah, Kasi Datun Kejari Deli Serdang, Asisten dan beberapa Kepala OPD dan mewakili BPN Deli Serdang.

TAGS : Ashari Tambunan Korsupgah KPK Korupsi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :